Kamis, 28 Januari 2010

CARBURATOR.

gaunanya untuk mencampur udara dengan bensin dalam perbandingan tertentu sehingga menjadi gas pembakar yang dibutuhkan oleh mesin motor.


karena itu carburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap tingkat penggunaan dan kecepatan putaran mesin. untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dibutuhkan perbandingan bensin dengan udara dalam campuran gas menurut teori adalah = 1:15 artinya 1gram bensin harus dicampur dengan 15 gram udara.
apabila campuran perbandingannya lebih dari 1:15 maka biasanya dikatakan campuran miskin contoh 1:18.
apabila campuran perbandingannya kurang dari 1:15 maka biasa dikatakan campuran kaya contoh 1:12 didalam praktek pada umumnya dipakai campuran kaya ini untuk mendapatkan daya mesin yang lebih besar ( boros mesin) dan dengan sebaliknya apabila menghendaki bahan bakar yang ekonomis maka bisa digunakan campuran miskin untuk campuran miskin ini biasanya digunakan pada mesin motor 4T karena gerakan motor ini tidak secepat gerak kerja motor 2T.
mekanisme carburator & kegunaanya.
1. mangkok carburator (float chamber)
:gunanya untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan.
2. klep/ jarum pengapung (floater valve): mengatur masuknya bensin kedalam mangkok carburator.
3. pengapung (float): mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok carburator.
4. skep/katup gas (throttle valve) : mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam cylinder.
5. pemancar jarum (main nozzle/needle yet) : memancarkan bensin waktu motor digas,besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
6. jarum skep/jarum gas (yet needle) : mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor digas.
7. pemancar besar induk (main yet) : memancarkan bensin waktu motor digas full(tinggi).
8. pemancar kecil stationer (slow yet) : memancarkan bensin waktu lagsam/stationer.
9.skrup gas baut gas (throttle screw) : setelan posisi skep sebelum digas.
10. skrup udara baut udara (air screw) : mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bensin.
11. katup cuk (choke valve) : menutup udara luar yang masuk ke carburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar