Jumat, 18 Desember 2009

skur klep/mengasah klep/valve gindring.

skuur klep adalah pekerjaanmeratakan piring klepdan siting klep supaya waktu menutup klepnya betul-betul rapat.
tujuannya untuk mencegah kebocoran compressi dan pembakaran melalui klep.

saat melakukannya.
-setiap ganti siting baru atau klep baru.
-bila siting dan klepnya terlihat tidak rata atau terdapat pori-pori/ bintik-bintik hitam dan keadaannya masih memungkinkan untuk di skuur.
-setiap ganti zuiger, ring atau melakukan korter pada cylindernya.
alat pelengkapnya adalah:
a. bensin untuk mencuci secukupnya.
b. oli untuk melumasi boos klep dan batang klep juga secukupnya.
c. kain bersih untuk mengeringkan bagian yang telah dicuci.
d. slang karet atau plastik untuk memegang batang klep.
e. obeng atau kayu untuk tangkai pemutar.
f. amril (serbuk baja). untuk pengasahnya.
cara mengerjakannya sebagai berikut.
1. buka klep dari dudukanya kemudian siting dan piring klepnya dibersihkan keraknya dicuci dengan bensin dikeringkan dengan kain yang telah tersedia sampai kering betul.
2. letakkan cylinder kop sehingga dudukan sitingnya benar2 datar.
3. oleskan amril pada siting dan piring klep yang akan diskuur bila rusaknya terlalu parah pakailah amril yang ukuranya kasar kecuali kalau tidak parah langsung aja pakai yang ukurannya halus.
4. boos klep dioles oli sedikit supaya licin lalu batang klepnya dimasukkan didalam boosnya dengan karet klep yang diberi tangkai piring klep diputar pada sitingnya sambil ditekan sedikit supaya bagianya rata.
5. setelah rata atau amrilnya sudah tidak mempan lagi maka siting dan piringnya dicuci lalu dikeringkan.
6. untuk mengetahui dapat dituangkan bensin kedalam lubang klep masuk dan buang (lihat apakah masih terjadi kebocoran).
catatan:
untuk motor yang lebih dari 1 cylinder jangan sampai tertukar saat memasangnya (sesuai dengan skuurnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar