Minggu, 06 Desember 2009

NOKEN AS/CAM SHAFT

alat ini hanya terdapat pada motor 4T gunanya untuk mengatur terbuka dan tertutupnya klep. untuk itulah kita perlukan noken as yang baik apabila noken as kurang sempurna maka akan berakibat terhadap hidup mesin dan tenaga motor itu sendiri.

perhatikan:
- dudukan noken as tidak spelling.
- nok/camnya tidak aus.
- bagian tengahnya tidak aus.
ketiga kerusakan diatas akan berakibat.
1. gigi noken as spelling berakibat:
- motor berisik.
- mesin cepat panas dan tenaga kurang.
- mesin sulit dihidupkan karena tertib klep tidak teratur dan untuk motor sistim teratur dan untuk motor sistim OHC , hidup mesin akan berubah-ubah atau tidak stabil.
2. nok/cam nya aus berakibat:
- tenaga motor kurang/ over heating(panas).
- compressi motor rendah yang berarti motor tidak mencapai titik maksimumnya.
3. bagian tengahnya aus berarti mengurangi tinggi nok dan berakibat:
- terbukanya klep kurang luas sehingga gas baru yang masuk kurang dan gas buang yang keluar juga tidak bersih.
- motor tidak mencapai tenaga maksimum dan cepat panas.
catatan:
waktu memasang atau membuka noken as harus dilakukan pada kedudukan cylinder kop yang terpasang kuat, terkecuali sistim OHV.
cara memperbaiki gangguan pada noken as.
a. bila noken as baik tetapi pada dudukannya terdapat spelling, maka dudukan tersebut harus di overboos. ini berlaku untuk motor sistim OHC.
b. apabila terjadi kerusakan pada noken asnya, aus dibagian nok atau tengahnya maka harus diganti dengan yang baru tetapi untuk memasang harus tepat dengan cylinder kopnya (tidak spellinglagi).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar