Senin, 30 November 2009

PISTON PEN/PENA TORAK.

yang terdapat pada piston yang gunanya untuk:
a. menhghubungkan piston dengan batang pistonnya / stang zuiger.
b. meneruskan gerakan dari piston kestang zuiger.
c. meneruskan tenaga tekanan pembakaran dari piston kestang zuigernya.
yang perlu diperhatikan adalah


piston pen tidak boleh spelling dari dudukannya baik terhadap piston maupun stang zuigernya bila dudukan piston pen oblag / spelling kemungkinan adalah:
piston pennya.sudah aus.
lubang piston pennya aus (piston/small end).
logger piston pen aus (kusus motor 2tak.
kedudukan piston pen yang oblag dapat barakibat.
1. suara motor menjadi berisik.
2. cylinder, piston dan ringnya cepat rusak, karena gerak naik turunnya piston yang tidak lurus.
3. timing motor jadi tidaktepat dan sulit di stel karena tanda2 penyesuainya tidak cocok dengan yang sebenarnya bila distel tepat seperti yang sebenarnya, voor sehingga mesin panas dan tenaganya kurang.
stang zuiger/ connecting rod/ batang torak gunanya untuk:
menghubungkan piston dengan kruk as.
meneruskan gerak piston ke kruk as atau sebaliknya.
mengubah gerakan naik turun menjadigerakan putar.
meneruskan tenagatekanan motor dari piston ke kruk as sehingga berubah menjadi putaran tenaga.
syarat2 stang zuiger yang baik adalah:
a. batangnya tidak bengkok
b. smal end (kepala kecil) maupun big end (kepala besar) tidak aus.
c. dudukan pada kruk as tidak spelling ke atas dan kebawah.
d. main aksialnya masih memenuhi syarat yang baik yaitu 0,8 - 2 mm.
pengaruh kerusakan stang zuiger terhadap motor.
bila stang zuiger mengalami kerusakan seperti batangnya bengkok small end aus, lager stang aus atau big end aus kesemua itu dinyatakan dengan istilah stang zuiger bengkok karena akan mempengaruhi gerakan2 piston yang tidak lurus.
akibatnya lebih parah dari pada dududkan piston pen yang spelling keatas dan kebawah yaitu:
1. suara motor berisik terutama pada saat di gas.
2. cylinder tergores2 demikian juga dengan pistonnya.
3. ring cepat aus karena goresan2 yang berat dan tidak merata.
4. motor cepat panas dan tenaganya berkurang.
5. timming motor selalu voor sehingga sering timbul ledakan waktu digas.
perbaikan tidak ada.cara lain kecuali harus ganti stang zuiger baru dan pemasangannya kita serahkan saja pada bengkel bubut.
catatan:
main aksialnya connecting rod yang baik 0,8 - 2 mm.
spelling sisi atau big end yang baik adalah antara 0,2 - 0,7 mm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar