TAK dapat jg disebut dgn slag/stroke/langkah atau gerakan pada zuiger.
artinya: yaitu jarak langkah atau gerakan zuiger (piston) didalam cylinder mulai dari yang paling atas (rata dgn cylinder blok) sampai dgn gerakan yg paling bawah.
Batas gerakan zuiger (piston) yg paling atas biasanya di sebut dgn titik atas di singkat TA, dan gerakan zuiger yg paling bawah kita sebut dengan titik bawah atau TB.
Langkah yg sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk as yang menggerakkan zuiger,pergerakan zuiger atau piston dari TA sampai TB dan sebaliknya, maka gerak zuiger itu kita sebut TAK atau SLAG yg putaran kruk as nya sebanyak 180o (1/2 putaran).
Arti motor 2tak yaitu setiap jenis sepeda motor bakar, yg dalam setiap cylinder nya mendapat 1x pembakaran gas, dgn hanya memerlukangerakan zuiger sebanyak 2kali sedangkan kruk as berputar 1x atau satu lingkaran (360o).
sedangkan untuk jenis ini biasanya mesin motor menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakar (bensin)misalnya pada motor merk yamaha,suzuki,kawasaki,vespa,bajaj dll, untuk merk kawasaki ini kecuali MERZY tidak pakai campuran.
.)CARA KERJA MOTOR 2TAK.
tak1.(proses masuknya gas ,pemampatan dan pembakaran gas ).
a.zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. bersamaan dgn terbukanya lubang saluran masuk, maka gas dari carbu rator terhisap masuk kedalam carter (ruang kruk as)
c. gas yang berada diatas zuiger (dalam cylinder) akan dikompresi atau di mampatkan.
d. saat zuiger hampirmencapai TA, dari busi meloncatkan bunga api listriknya tegangan tinggi untuk membakar gas yg telah ad d compresi (didalam cylinder).
tAK2.(PROSES KERJA COMPRESI CARTER ,BUANG CUCI DAN BILAS)
a.zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b.gas dalam cylinder yg telah di bakar akan berusaha mengembang lalu mendorang zuiger dgn disertai tenaga tekanan lalu tekanan tersebut akan disimpan dan dirubah oleh kruk as menjadi tenaga motor.
c.gas di dalam carter akan di compressi sehingga kita sebut dgn (compressi carter)
d.kemudian saluran keluar terbuka oleh zuiger, maka gas sisa pembakaran dgn sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yg langsung ke knalpot.
e. pada waktu saluran bilas telah terbuka oleh zuiger maka gas yg telah di compressi didalam carter akan berusaha naik keatas zuiger untuk membersihkan sisa pembakaran gas yg masih tertinggal dalam cylinder dan sekaligus gas baru menempati ruangan cylinder untuk kemudian di bakar dan ini akan terjadi terus menerus selama mesin dalam keadaan hidup.
.)TANDA-TANDA MOTOR 2TAK.
a. bahan bakarnya selalu d campur dgn oli baik secara langsung kedalam tangki bensin ataupun dgn cara memisakannya.
b. setiap cylindernya tidakmemiliki klep dan sbagainya penggantinya adalah zuiger valve atau red valve maupun rotari valve untuk mengatur masuknya gas kedalam ruangan cylinder.
c. setiap zuigernya hanya mempunyai 2 buah ring yaitu masing-masing ring compressi 1 dan compressi 2.
d.setiap cylindernya memiliki 2macam compressi yaitu compressi cylinder dan carter.
e. setiap 2kali gerakan zuiger terjadi 1x pembakaran gas.
ARTI MOTOR “4” TAK.
Arti motor 4 tak yaitu setiap jenis motor yang dalam setiap cylindernya mendapatkan satu kali pembakaran gas, memerlukan empat kali gerakan zuiger dan putaran kruk as nya sebanyak dau kali (720o) yang disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing-masing sebanyak 1 kali.
CARA KERJA MOTOR “4” TAK.
Tak 1 = gerak hisap.
a. zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b. Klep masuk terbuka dan klep buang tertutup.
c. Penghisapan gas dari karburator masuk kedalam cylindermelalui klep masuk yang dalam keadaan terbuka.
Tak 2 = gerak compressi/ pemampatan.
a. zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. Kedua klepnya dalam keadaan tertutup rapat.
c. Gas yang ada didalam cylinder dimampatkan atau di compressi.
d. Ketika zuiger hampir mencapai TA busi meloncatkan api listriknya bertegangan tinggi untuk membakar gas yang telah ada di dalam cylinder.
Tak 3 = gerak kerja atau tenaga.
a. zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b. Kedua klepnya masih dalam keadaan tertutup.
c. Gerakan zuiger turun kebawah disebabkan oleh dorongan gas yang telah terbakar, sehingga motor menghasilkan tenaga.
Tak 4 = gerak buang sisa pembakaran.
a. zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. Klep buang (keluar) terbuka segangkan klep untuk masuknya gas tertutup rapat.
c. Sisa pembakaran gas yang telah mendorong zuiger dari dalam cylinder keluar melalui klep buang yang langsung ke knalpot.
TANDA-TANDA MOTOR 4 TAK.
Tanda-tanda yang dimiliki motor 4 tak antara lain:
1. bahan bakarnya bensin murni (super 98)
2. setiap cylindernya mempunyai 2 buah klep yang masing-masing klep masuk dan klep buang.
3. setiap cylindernya mempunyai hanya satu macam compressi yaitu compressi cylinder.
4. setiap zuigernya memiliki 3ring zuiger yang terdiri dari:
a. ring compressi 1.
b. Ring compressi 2.
c. Ring oli.
5. terdapatnya rantai camprat pada dalam bak mesin yang berhubungan dengan noken as (kruk as).
Artinya dari tanda tersebut di atas ialah:
a. tidak mempergunakan campuran oli pada bahan bakar baik itu langsung maupun tidak.
b. Kedua buah klepnya berguna untuk mengatur keluar dan masuknya gas dari carburator kedalam ruang compressi (jadi cara pemasangannya harus baik dan benar).
c. Setiap dua kali putaran kruk as hanya terdapat satu kali tenaga (compressi).
d. Pada zuiger terdapat 3 ring yang antara lain sangat berguna untuk pelumasan zuigernya.
e. Juga terdapat rantai camprat yang tujuannya untuk menahan gigi versnelling atau gerakan roda yang mendadak.
Contoh kendaraan jenis ini antara lain : HONDA, BSA, NORTON, dan masih banyak lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar