Kamis, 26 November 2009

Bak mesin/carter/crankcace.

ialah bagian dari bawah motor yang berguna untuk:

a. tempat minyak pelumas mesin / oli mesin.
b. Tempat kruk as dan perlengkapannya.
c. Tempat pesawat kopling dan versnelling.
d. Tempat alat-alat lainnya yang merupakan perlengkapan mesin.

Bak mesin terdiri dari belahan-belahan yaitu tutup bak mesin sebelah kanan dan bak mesin bagian tengah dan tutup bak mesin bagian kiri.
Masing-masing belahan diikat satu dengan yang lain menggunakan baut-baut yang sewaktu-waktu yang bias digunakan untuk membuka mesin apabila diperlukan bila terjadi kerusakan yang ada didalam bak mesin.
Setiap sambungannya dilapisi dengan paking/ perpak terkecuali motor 2tak yang biasanya tidak memakai paking pada bak bagian tengahnya

Gangguan bak mesin dan cara mengatasinya:

a. kebocoran oli pada sambungannya, periksalah baut bila sudah benar-benar rapat maka yang perlu diganti adalah paking-pakingnya.
b. Kebocoran melalui as slag, pedal versnelling atau as skundernya gantilah oli sealnya.
c. Lubang dudukan as / lager aus , bawalah ke benggkel untuk di overboos.
d. Kalau retak cobalah di las atau mengganti alat tersebut dengan yang baru.

Catatan:
Apabila waktu membelah mesin mengalami kesulitan jangan dicongkel pakai obeng gunakanlah palu kayu lapis karet ban dalam bekas, ini mencegah kerusakan pada pada bak mesin.

Paking / perpack / pelapis.

Terdapat pada setiap sambungan dudukan mesin yang gunanya untuk:

a. merapatkan sambungan.
b. Mencegah kebocoran melalui sambungan.
c. Mencegah kerusakan alat yang terkena getaran sewaktu mesin dalam keadaan hidup.
d. Mencegah kendornya baut pengikat yang ditimbulkan oleh getaran mesin.

Betuk paking yang terjual antara lain:

1. TOP SET yaitu paking yang digunakan mulai cylinder keatas.
2. FULL SET yaitu pakin yang digunakan untuk seluruh mesin.

Penggunaannya:

Bila kita membongkar mesin hanya untuk keperluan cylinder saja maka kita cukup membeli top set untuk keperluan mengganti paking-pakingnya.
Dan apabila untuk membelah mesin kita baru perlukan full set.
Demikian juga untuk jenis motor 2tak.
Untuk mengganti paking cylinder cukup hanya dengan paking cylinder saja namun tidak seperti motor 4tak contonya sejenis Honda.

Cara pemasangan paking.

Paking yang diperlukan harus sesuai dengan alat yang akan di pasang.
Perhatikan lubang baut oli pada paking yang belum terbuka agar tidak berakibat fatal pada sitim pelumasansewaktu mesin hidup.
Gunakan bahan perekat yang mudah dilepaskan apabila dalam pemasangan tersebut ada kegagalan.
Yang digunakan sebagai perekat misalnya.

Gasket oil, untuk yang berhubungan dengan api.
Gemuk / flat, untuk alat yang jauh dari api.
Aica abon, untuk yang tidak menggunakan paking. Seperti yang terdapat pada motor 2 tar (carter).

Catatan:

Untuk menghindari kegagalan dalam membongkar mesin maka diharuskan untuk mengganti pakingnya dengan yang baru agar tidak terdapat kebocoran pada olinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar