Sabtu, 27 Februari 2010

saringan udara/air filter

gunanya untuk menyaring udara yang masuk ke carburator sehingga gas yang terhisap selalu dalam keadaan bersih.
dengan adanya gas bersih maka ruang bakar tidak cepat kotor dan hidup mesin dapat selalu stabil, element yang digunakan untuk menyaring udara pada sepedah motor biasanya terbuat dari kertas karton ada juga yang terbuat dari karet busa atau kawat kasa (anyaman kawat halus).
contoh :
kendaraan yang menggunakan element dari kertas dan karet busa adalah honda, yamaha, suzuki dan juga pada motor kawasaki , apabila vespa dan scuter bajaj menggunakan element kawat yang halus.

cara membersihkannya:
a. elemen kertas karton.
pada bagian yang terlipat-lipat disemprot dengan angin compressoryang kuat tenaga tiupnya sehingga element tersebut bersih dari kotorannya.
element yang telah mempunyai jarak tempuh sejauh 5000 sampai dengan 10.000km sebaiknya diganti dengan yang baru.
b. element karet busa.
dicuci dengan bensin, setelah kering seluruh permukaannya saringan diberi oli dengan ukuran sampai lembab yang artinya:
oli tersebut tidak sampai menetes juga element tidak kering, kemudian dipasang ketempat semula dan usahakan setiap mempunyai jarak tempuh 5000 sampai dengan 10.000km diganti dengan yang baru , agar tidak terlalu kotor (menghindari kerusakan).
c. element kawatkasa.
ini sangat mudah untuk membersihkannya yang hanya mencuci pakai bensin campur oli sesudahnya dikeringkan lalu dipasang.
gangguan saringan udara:
bila sudah kotor akan berakibat pembuatan gas oleh carburator selalu menghasilkan gas yang terlalu kaya pengaruh atau akibatnya pada mesin dapat dibaca pada potingan mengenai carburator.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar