Senin, 30 November 2009

PISTON PEN/PENA TORAK.

yang terdapat pada piston yang gunanya untuk:
a. menhghubungkan piston dengan batang pistonnya / stang zuiger.
b. meneruskan gerakan dari piston kestang zuiger.
c. meneruskan tenaga tekanan pembakaran dari piston kestang zuigernya.
yang perlu diperhatikan adalah


piston pen tidak boleh spelling dari dudukannya baik terhadap piston maupun stang zuigernya bila dudukan piston pen oblag / spelling kemungkinan adalah:
piston pennya.sudah aus.
lubang piston pennya aus (piston/small end).
logger piston pen aus (kusus motor 2tak.
kedudukan piston pen yang oblag dapat barakibat.
1. suara motor menjadi berisik.
2. cylinder, piston dan ringnya cepat rusak, karena gerak naik turunnya piston yang tidak lurus.
3. timing motor jadi tidaktepat dan sulit di stel karena tanda2 penyesuainya tidak cocok dengan yang sebenarnya bila distel tepat seperti yang sebenarnya, voor sehingga mesin panas dan tenaganya kurang.
stang zuiger/ connecting rod/ batang torak gunanya untuk:
menghubungkan piston dengan kruk as.
meneruskan gerak piston ke kruk as atau sebaliknya.
mengubah gerakan naik turun menjadigerakan putar.
meneruskan tenagatekanan motor dari piston ke kruk as sehingga berubah menjadi putaran tenaga.
syarat2 stang zuiger yang baik adalah:
a. batangnya tidak bengkok
b. smal end (kepala kecil) maupun big end (kepala besar) tidak aus.
c. dudukan pada kruk as tidak spelling ke atas dan kebawah.
d. main aksialnya masih memenuhi syarat yang baik yaitu 0,8 - 2 mm.
pengaruh kerusakan stang zuiger terhadap motor.
bila stang zuiger mengalami kerusakan seperti batangnya bengkok small end aus, lager stang aus atau big end aus kesemua itu dinyatakan dengan istilah stang zuiger bengkok karena akan mempengaruhi gerakan2 piston yang tidak lurus.
akibatnya lebih parah dari pada dududkan piston pen yang spelling keatas dan kebawah yaitu:
1. suara motor berisik terutama pada saat di gas.
2. cylinder tergores2 demikian juga dengan pistonnya.
3. ring cepat aus karena goresan2 yang berat dan tidak merata.
4. motor cepat panas dan tenaganya berkurang.
5. timming motor selalu voor sehingga sering timbul ledakan waktu digas.
perbaikan tidak ada.cara lain kecuali harus ganti stang zuiger baru dan pemasangannya kita serahkan saja pada bengkel bubut.
catatan:
main aksialnya connecting rod yang baik 0,8 - 2 mm.
spelling sisi atau big end yang baik adalah antara 0,2 - 0,7 mm.
BacaSelengkapnya...

Kamis, 26 November 2009

Alat yang bergerak pada motor.

1.zuiger/piston

Alat yang berbentuk bulat panjang yang terdapat dalam cylinder yang gunanya untuk melakukan proses kerja (gerak) penghisapan, pemampatan, tenaga dan buang.

Zuiger untuk motor 4tak memiliki 3lubang tempat ringdan di bagian atasnya terdapat lekuk untuk 2buah klep dan pada dindingnya tidak terdapat coakan.

Artinya:

1. tanda lekuk pada zuiger yang besar adalah klep masuk ini harus menghadap ke klep masuk waktu memasangnya (tidak boleh sampai terbalik).
2. terdapat tulisan pada permukaan zuiger yang menentukan besarnya zuiger itu sendiri, biasanya hanya dengan tanda STD, 025, 050, 075, 100.

Zuiger untuk jenis motor Yamaha 2tak.

Memiliki 2buah lubang ring bagian atasnya tidak terdapat lekukan dan terdapat coakan pada dinding zuiger yang berguna untuk lubang saluran gas.

Arti tanda yang terdapat pada zuiger 2tak.
1. STD, 025, 050, dan seterusnya menunjukkan ukuran.
2. tanda panah petunjuk pada waktu memasangnya harus menghadap kearah saluran buang / knalpot.
3. ringnya terdapat cam / tonjolan seperti paku adalah pedoman letak pertemuan ujung ringnya.

Syarat zuiger yang baik adalah sebagai berikut:


1. permukaannya bersih dari kerak atau arang.
2. dindingnya licin dan tidak ada goresan.
3. terdapat cylindernya tidak spelling atau oblak.
4. lubang ringnya juga tidak spelling dengan ringnya.

Akibat kerusakan dari zuiger.

1. permukaan mengerak (kotor) akibat over heating , suaranya menggelitik.
2. bila dindingnya tergores serta spelling dari cylindernya akan mengakibatkan bocornya compressi pada tekanan pembakaran.
Cirri-cirinya: suara berisik, cepat panas, tenaga kurang, pada motor 4T berasap pada knalpot, oli boros dan cepat kotor.
Pada motor 2T waktu digas sering timbul ledakanpada carter, lager kruk as berisik karena karena kering dan mesin susah dimatikan.

Catatan:
- spelling zuiger dengan cylindernya apabila standard:
0,025-0,030 mm.
- spelling yang diperbolehkan dalam praktek tidak lebih dari 0,050 berarti masih bias digunakan lagi.
- ring zuiger oblak akan berakibat berisikkarena getaran yang di timbulkan oleh mesin.

Ring zuiger.

Terpasang pada zuiger , gunanya untuk:
a. merapatkan dinding zuiger dengan cylinder.
b. Mencegah kebocoran compressi.
c. Mencegah kebocoran pembakaran gas.
d. Menimbulkan isapan motor.
e. Mencegah naiknya oli ke ruang bakar (4T)

Type ring zuiger.

Yang digunakan ada dua type yaitu:

1. plane ring, ialah ring yang permukaan bagian atas dan bawahnya datar,maka kita sebut ring datar, contohnya pada Honda, vespa, lambreta dll.
2. keystone ring ialah ring yang permukaan atasnya miring 7o sedangkan yang dibawahnya datar contonya pada motor Yamaha, Kawasaki, Suzuki.

Jenis ring yang terdapat pada motor 4T.

a. ring comperessi 1, mencegah bocornya compressi dan pembakaran, tandanya warna putih mengkilap dan lebih tebal dari pada ring compreesi 2 dan tidak terdapat parit.
b. Ring compressi 2, membantu ring compressi 1 dan dapat menimbulkan hisapan pada cylinder, tandanya warna suram dan tipis dan bagian bawahnya terdapat parit atau alur.
c. Ring oli, meratakan oli di dinding cylinder dan mencegah naiknya oli ke permukaan bagian atas zuiger tandanya, mempunyai banyak lubang jalannya oli dari carter.

Jenis ring motor 2T (Yamaha, Suzuki, dll).

a. ring compressi 1, menimbulkan compressi cylinder dan mencegah bocornya pembakaran tandanya, terdapat tulisan 1st artinya untuk ring ke 1.
b. Ring compressi 2, membantu ring pertama menimbulkan isapan carter dan menimbulkan compressi carter ini hanya terjadi pada motor 2T tandanya biasanya terdapat tilisan 2nd artinya adalah untuk ring yang ke dua.

Penggunaannya.

Size (ukuran) ringnya harus sama dengan size zuiger dan cylindernya , untuk beberapa jenis motor banyak yang menggunakan alat yang di sebut EXPANDER ring, alat tersebut untuk mempertinggi daya kerja dari ring yang bersangkutan.
Sistim expander ini biasa digunakan pada ring oli Honda, CG 110/125 judga pada motor Yamaha yang berbeda dari ring keduanya.

CARA PEMASANGAN RING:
1. tanda size atau merk ring harus menghadap ke TA.
2. alur/lubang ring harus bersih dan tidak aus.
3. pemasangannya dari bawah ke atas jangan terbalik.
4. bila memasukkan kedalam cylinder ujung ring diatur berjauhan untuk motor 4T karena tidak memiliki pedoman, untuk motor 2T sudah terdapat NOK/CAM tinggal menempatkan saja. apabila motor 4T tidak diperhatikan penempatan ujungnya maka akan berakibat kebocoran pada waktu kerja compressi.
akibat bila ring zuiger rusak.
1. isapan dan compressi motor kurang sehingga motor susah dihidupkan.
2. pembakaran bocor sehingga tenaga motor kurang cepat panas dan suara motor berisik.
3. oli naik keruang bakar sehingga boros oli, oli cepat kotor .asap kenalpot putih tebal (pada motor 4T).
catatan:
antara kerusakan cylinder piston dan piston ring mempunyai akibat yang sama.
spelling piston ring terhadap alurnya yang baik adalah 0,020- 0,030 mm.
gap/ renggang ujung pertemuan ring didalam cylinder yang baik adalah 0,15 - 0,45 mm.

BacaSelengkapnya...

Bak mesin/carter/crankcace.

ialah bagian dari bawah motor yang berguna untuk:

a. tempat minyak pelumas mesin / oli mesin.
b. Tempat kruk as dan perlengkapannya.
c. Tempat pesawat kopling dan versnelling.
d. Tempat alat-alat lainnya yang merupakan perlengkapan mesin.

Bak mesin terdiri dari belahan-belahan yaitu tutup bak mesin sebelah kanan dan bak mesin bagian tengah dan tutup bak mesin bagian kiri.
Masing-masing belahan diikat satu dengan yang lain menggunakan baut-baut yang sewaktu-waktu yang bias digunakan untuk membuka mesin apabila diperlukan bila terjadi kerusakan yang ada didalam bak mesin.
Setiap sambungannya dilapisi dengan paking/ perpak terkecuali motor 2tak yang biasanya tidak memakai paking pada bak bagian tengahnya

Gangguan bak mesin dan cara mengatasinya:

a. kebocoran oli pada sambungannya, periksalah baut bila sudah benar-benar rapat maka yang perlu diganti adalah paking-pakingnya.
b. Kebocoran melalui as slag, pedal versnelling atau as skundernya gantilah oli sealnya.
c. Lubang dudukan as / lager aus , bawalah ke benggkel untuk di overboos.
d. Kalau retak cobalah di las atau mengganti alat tersebut dengan yang baru.

Catatan:
Apabila waktu membelah mesin mengalami kesulitan jangan dicongkel pakai obeng gunakanlah palu kayu lapis karet ban dalam bekas, ini mencegah kerusakan pada pada bak mesin.

Paking / perpack / pelapis.

Terdapat pada setiap sambungan dudukan mesin yang gunanya untuk:

a. merapatkan sambungan.
b. Mencegah kebocoran melalui sambungan.
c. Mencegah kerusakan alat yang terkena getaran sewaktu mesin dalam keadaan hidup.
d. Mencegah kendornya baut pengikat yang ditimbulkan oleh getaran mesin.

Betuk paking yang terjual antara lain:

1. TOP SET yaitu paking yang digunakan mulai cylinder keatas.
2. FULL SET yaitu pakin yang digunakan untuk seluruh mesin.

Penggunaannya:

Bila kita membongkar mesin hanya untuk keperluan cylinder saja maka kita cukup membeli top set untuk keperluan mengganti paking-pakingnya.
Dan apabila untuk membelah mesin kita baru perlukan full set.
Demikian juga untuk jenis motor 2tak.
Untuk mengganti paking cylinder cukup hanya dengan paking cylinder saja namun tidak seperti motor 4tak contonya sejenis Honda.

Cara pemasangan paking.

Paking yang diperlukan harus sesuai dengan alat yang akan di pasang.
Perhatikan lubang baut oli pada paking yang belum terbuka agar tidak berakibat fatal pada sitim pelumasansewaktu mesin hidup.
Gunakan bahan perekat yang mudah dilepaskan apabila dalam pemasangan tersebut ada kegagalan.
Yang digunakan sebagai perekat misalnya.

Gasket oil, untuk yang berhubungan dengan api.
Gemuk / flat, untuk alat yang jauh dari api.
Aica abon, untuk yang tidak menggunakan paking. Seperti yang terdapat pada motor 2 tar (carter).

Catatan:

Untuk menghindari kegagalan dalam membongkar mesin maka diharuskan untuk mengganti pakingnya dengan yang baru agar tidak terdapat kebocoran pada olinya.

BacaSelengkapnya...

4. CYLINDER / SILINDER

Terpasang diantara kepala cylinder dgn bak mesin untuk tempat geraknya zuiger naik turun dlm melaksanakan lngkah proses kerja motor.

Syarat cylinder yg baik antara lain:
a. Lubang bulat rata dan licin dari atas sampai bawah
b. Pd dinding tdk terdapat goresan yg biasanya di timbulkan oleh ring zuiger
c. Terhadap zuiger nya tdk longgar melebihi apa yg di tentukan
d. Untuk jenis motor 2 tak saluran masuk dan bilas serta buang nya haruslah selalu bersih
e. Tidak retak/ pecah

Cara menentukan ukuran cylinder:
Ukuran yg biasa di pakai dlm istilah ini adalah : Standard dan Oversize.
Untuk standard ialah ukuran yang msi asli, belum perna mengalami perubahan yang di lakukan oleh bengkel. Sedangkan oversize ialah ukuran yang telah mengalami perubahan dari aslinya yaitu diperbesar. Pekerjaan memperbesar ini bias kta sebut dengan mengkorter cylinder yang dilakukan oleh bengkel bubut. Untuk mengetahui perlu atau tidaknya cylinder dikorter ialah dengan cara melihat ukuran Zuiger yang terdapat pada bagian atas permukaan Zuiger itu.
Yang biasanya hanya terdapat tulisan sebagai berikut.
a. S T D artinya Zuiger masi standart / asli.
b. 0 25 artinya zuiger oversize 25.
c. 0 50 artinya zuiger oversize 50, dst.
Ukuran oversize pada zuiger mencapai 100 dan apabila terjadi kerusakan pada oversize terahir maka cylinder harus diganti dengan yang baru berikut dengan zuiger dan ringnya, angka tersebut diatas yang terdapat pada zuiger bagian atas menunjukkan bahwa zuiger lebih besar dari cylindernya, yang harus kita lakukan ialah dengan cara membawa cylinder pada bengkel bubut bersama zuiger untuk di korter sesuai ukuran yang terdapat pada bagian atas zuiger.

Pengaruh cylinder pd motor antara lain :
a. Motor bocor compressi, sehingga susah dihidupkan
b. Setelah hidup susah di setel langsam nya
c. Tenaga motor kurang dan cepat panas
d. Waktu di gas timbul suara berisik dari dalam cylinder nya
e. Pd motor Honda selalu berasap pd knalpotnya dan oli jd boros sekali
f. Untuk motor 2 tak ssering menimbulkan ledakan pada dlm ruangan motor nya.

Cara menghadapi gangguan cylinder:
Selain cylinder yg oversize 100, retak/ pecah dpt diatasi dgn cara sebagai berikut:
a. Periksa ukuran zuiger yg telah ada
b. Periksa kerusaka cylinder biasa atau parah
c. Bila biasa artinya hanya terdapat goresan kecil, belikanj saja zuiger yg ukurannya satu tingkat lebih besar kemudian cylinder di bawa ke bengkel bubut intuk di korter.
d. Bila parah ini biasanya terjadi pada waktu ring zuiger mengalami patah yang tidak di ketahui sebelumnya, maka lakukan saja dengan mengganti zuiger dua kali lebih besar (contoh cylinder STD maka zuiger diganti dgn oversize 0 50).


Pengertian tentang cc. pada motor.

Cc singkatan dari CUBICAL CENTIMETER (cm3).
Yang dimaksud diatas adalah isi / volume cylinder dalam satuan cm3 hingga besar cylinder = cc motor.
Isi cylinder menentukan banyaknya gas yang masuk kedalan cylinder waktu motor melakukan gerak hisap, kesimpulan pada setiap motor bahwa semakin besar cc yang dimilikinya semakin besar pula tenaga yang ditimbulkan .
Dalam buku petunjuk spesifikasi motor , besarnya cylinder biasanya di tulis displacement….. cc. volume cylinder biasa dihitung apabila diameter cylinder (bore) dan panjang gerak zuiger (stroke) diketahui ukurannya, hasilnya diketahui dalam ukuran cc tidak jauh dari type motor yang bersangkutan dan untuk lebih jelasnya bias dilihat pada tulisan di bagian luar cylinder/blok.

BacaSelengkapnya...

PERINCIHAN DAN PEMBAHASAN ALAT-ALAT MOTOR.

Alat-alat motor baik 2tak maupaun 4tak dapatlah kita golongkan menjadi dua bagian besar yaitu:
1. alat-alat yang tak bergerak (statis).
2. alat alat yang bergerak (mekanis).


1.alat-alat yang tidak bergerak (statis).

a. untuk jenis motor 2 tak adalah sebagai berikut:
1. cylinder kop/kepala cylinder/cylinder head.
2. cylinder.
3. bak mesin/blok mesin/carter/crank case.
4. paking/perpack.
b. untuk jenis motor 4 tak adalah sebagai berikut:
1. tutup kepala cylinder/head cover.
2. tutup klep/ valve cover.
3. cylinder head.
4. cylinder.
5. carter/ crankcase.

2.alat-alat yang bergerak (mekanis).

a. untuk jenis motor 2 tak adalah sebagai berikut:
1. zuiger/ piston.
2. ring zuiger/ ring piston.
3. pen zuiger.
4.stang zuiger/ connecting rod.
5. kruk as/ crank shaft.
6. klep plat berputar / rotari disc valve.
7. maghnit generator/ rotor generator.

B. Untuk jenis motor 4 tak adalah sebagai berikut :
1. Zuiger / piston.
2. Ring Zuiger / ring piston.
3. Pen Zuiger.
4. Stang Zuiger / Connecting rod.
5. Kruk As / crank Shaft.
6. Gigi kruk As / Timing Sprocket.
7. Maknit generator / Rotor generator.
8. Noken As / Cam Shaft.
9. Gigi noken As / Cam Sprocket.
10. Pesawat klep / valve Mechanise.
11. Rantai mesin / Cam Cain.

Kedua type motor diatas banyak memiliki kesamaan nama alat-alatnya, hanya utuk motor jenis 4 tak mempunyai lebih banyak alat, maka untuk mempermudahkan dan untuk mempersingkat cara membahasnya kita pergunakan jasa sebagai pedoman motor 4tak (Type HONDA).

I. Alat-alat yang tak bergerak :

1. Tutup Kepala Cylinder.
Alat ini hanya ada pada motor 4 tak yang gunanya untuk:
a. Melindung Pesawat Klep.
b. Menahan oli supaya tidak memancar keluar waktu masi hidup.

Yang perlu diperhatikan disini ialah waktu memasang paking dan mengeraskan baut, harus dengan cara menyilang supaya tidak menimbulkan kebocoran oli atau keretakan pada cylinder kopnya. Karena untuk alat ini sangat mudah sekali retak, juga pemasangan baut jangan pula terlalu keras bisa dol.

2. Tutup klep.
Gunanya untuk menutup lubang setelah klep / pengontrol, ini terdapat pada semua type Honda kecuali Honda Benly dan CG. Apa bila terjadi kebocoran oli pada penutup klepnya ini kebanyakan disebabkan oleh cara menutup yang kurang rapat atau juga bisa karena oli seal yang rusak.

3. Cylinder Head / Kepala Cylinder.
Letaknya diatas cylinder, gunanya diantara lain :
a. Sebagi penutup cylinder.
b. Tempat ruang pembakaran / compressi.
c. Tempat dudukan busi.
d. Juga terdapat rusuk pendingin mesin.

Untuk kepala Cylinder pada motor 4 tak terdapat;
a. Bos klep.
b. Siting klep.
c. Tempat dudukan Noken As.
d. Saluran gas masuk dan keluar.
e. Klep 2 buah lengkap dengan per dan kancing klep (penahan kedua klepnya).

Syarat Cylinder yang baik ialah sebagai berikut :
a. tidak retak, apabila ada bagian yang retak harus diganti dengan yang baru.
b. Ruang pembakaran harus selalu bersih, agar motor tidak cepat panas yang dapat menimbulkan knocking/ menggelitik/ detonasi.
c. Drat dudukan busi tidak dol, bila sampai dol usahakan untuk di overboos untuk menghindari kebocoran pada pembakaran/ compressi motor.
d. Permukaan sambungan antara cylinder dan cylinder headnya harus rata, ini juga menghidari terjadinya kebocoran pada compressi.
e. Rusuk pendingin harus selalu bersih, agar pendinginan motor dapat berjalan dengan sempurna dan tidak mudah panas.
f. Pemasangan knalpot juga haruslah diusahakan sebaik mungkin jangan sampai terjadi kebocoran yang ditimbulkan oleh adanya paking.
Untuk kepala cylinder motor “4” tak yang perlu diperhatikan dengan teliti antara lain:

a. dudukan bos klep harus kuat, agar oli tidak masuk ke ruang pembakaran karena dapat menimbulkan kekotoran pada busi . (ciri-ciri kerusakan ini biasanya motor mengeluarkan banyak asap).
b. Lobang dudukan noken as tidak aus, atau spelling dan bila hal ini terjadi pada motor maka noken as harus di overboos.
c. Setting pada klep harus ratadan tidak aus, agar klep dapat bekerja dengan baik.
Apabila terjadi ke ausan pada dudukan klep maka dudukan tersebut harus di skoorklep.

Catatan:

a. supaya tidak menimbulkan kesulitan dan kerusakan pada baut kepala cylinder dalam membuka haruslah sedikit demi sedikit dikendorkan secara menyilang sampai terlepas.
b. Juga dalam pemasangannya antara cylimder dan cylinder head harus benar-benar rata kemudian baut dipasang secara perlahan sampai kerasnya merata. (dengan cara menyilang).

BacaSelengkapnya...

PENGERTIAN TENTANG TAK

TAK dapat jg disebut dgn slag/stroke/langkah atau gerakan pada zuiger.
artinya: yaitu jarak langkah atau gerakan zuiger (piston) didalam cylinder mulai dari yang paling atas (rata dgn cylinder blok) sampai dgn gerakan yg paling bawah.
Batas gerakan zuiger (piston) yg paling atas biasanya di sebut dgn titik atas di singkat TA, dan gerakan zuiger yg paling bawah kita sebut dengan titik bawah atau TB.
Langkah yg sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk as yang menggerakkan zuiger,pergerakan zuiger atau piston dari TA sampai TB dan sebaliknya, maka gerak zuiger itu kita sebut TAK atau SLAG yg putaran kruk as nya sebanyak 180o (1/2 putaran).

ARTI MOTOR ''2'' TAK.
Arti motor 2tak yaitu setiap jenis sepeda motor bakar, yg dalam setiap cylinder nya mendapat 1x pembakaran gas, dgn hanya memerlukangerakan zuiger sebanyak 2kali sedangkan kruk as berputar 1x atau satu lingkaran (360o).
sedangkan untuk jenis ini biasanya mesin motor menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakar (bensin)misalnya pada motor merk yamaha,suzuki,kawasaki,vespa,bajaj dll, untuk merk kawasaki ini kecuali MERZY tidak pakai campuran.
.)CARA KERJA MOTOR 2TAK.
tak1.(proses masuknya gas ,pemampatan dan pembakaran gas ).
a.zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. bersamaan dgn terbukanya lubang saluran masuk, maka gas dari carbu rator terhisap masuk kedalam carter (ruang kruk as)
c. gas yang berada diatas zuiger (dalam cylinder) akan dikompresi atau di mampatkan.
d. saat zuiger hampirmencapai TA, dari busi meloncatkan bunga api listriknya tegangan tinggi untuk membakar gas yg telah ad d compresi (didalam cylinder).
tAK2.(PROSES KERJA COMPRESI CARTER ,BUANG CUCI DAN BILAS)
a.zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b.gas dalam cylinder yg telah di bakar akan berusaha mengembang lalu mendorang zuiger dgn disertai tenaga tekanan lalu tekanan tersebut akan disimpan dan dirubah oleh kruk as menjadi tenaga motor.
c.gas di dalam carter akan di compressi sehingga kita sebut dgn (compressi carter)
d.kemudian saluran keluar terbuka oleh zuiger, maka gas sisa pembakaran dgn sendirinya akan keluar melalui saluran buang dari dalam cylinder yg langsung ke knalpot.
e. pada waktu saluran bilas telah terbuka oleh zuiger maka gas yg telah di compressi didalam carter akan berusaha naik keatas zuiger untuk membersihkan sisa pembakaran gas yg masih tertinggal dalam cylinder dan sekaligus gas baru menempati ruangan cylinder untuk kemudian di bakar dan ini akan terjadi terus menerus selama mesin dalam keadaan hidup.
.)TANDA-TANDA MOTOR 2TAK.
a. bahan bakarnya selalu d campur dgn oli baik secara langsung kedalam tangki bensin ataupun dgn cara memisakannya.
b. setiap cylindernya tidakmemiliki klep dan sbagainya penggantinya adalah zuiger valve atau red valve maupun rotari valve untuk mengatur masuknya gas kedalam ruangan cylinder.
c. setiap zuigernya hanya mempunyai 2 buah ring yaitu masing-masing ring compressi 1 dan compressi 2.
d.setiap cylindernya memiliki 2macam compressi yaitu compressi cylinder dan carter.
e. setiap 2kali gerakan zuiger terjadi 1x pembakaran gas.

ARTI MOTOR “4” TAK.
Arti motor 4 tak yaitu setiap jenis motor yang dalam setiap cylindernya mendapatkan satu kali pembakaran gas, memerlukan empat kali gerakan zuiger dan putaran kruk as nya sebanyak dau kali (720o) yang disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing-masing sebanyak 1 kali.

CARA KERJA MOTOR “4” TAK.

Tak 1 = gerak hisap.
a. zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b. Klep masuk terbuka dan klep buang tertutup.
c. Penghisapan gas dari karburator masuk kedalam cylindermelalui klep masuk yang dalam keadaan terbuka.
Tak 2 = gerak compressi/ pemampatan.
a. zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. Kedua klepnya dalam keadaan tertutup rapat.
c. Gas yang ada didalam cylinder dimampatkan atau di compressi.
d. Ketika zuiger hampir mencapai TA busi meloncatkan api listriknya bertegangan tinggi untuk membakar gas yang telah ada di dalam cylinder.
Tak 3 = gerak kerja atau tenaga.
a. zuiger bergerak dari TA menuju TB.
b. Kedua klepnya masih dalam keadaan tertutup.
c. Gerakan zuiger turun kebawah disebabkan oleh dorongan gas yang telah terbakar, sehingga motor menghasilkan tenaga.
Tak 4 = gerak buang sisa pembakaran.
a. zuiger bergerak dari TB menuju TA.
b. Klep buang (keluar) terbuka segangkan klep untuk masuknya gas tertutup rapat.
c. Sisa pembakaran gas yang telah mendorong zuiger dari dalam cylinder keluar melalui klep buang yang langsung ke knalpot.

TANDA-TANDA MOTOR 4 TAK.

Tanda-tanda yang dimiliki motor 4 tak antara lain:
1. bahan bakarnya bensin murni (super 98)
2. setiap cylindernya mempunyai 2 buah klep yang masing-masing klep masuk dan klep buang.
3. setiap cylindernya mempunyai hanya satu macam compressi yaitu compressi cylinder.
4. setiap zuigernya memiliki 3ring zuiger yang terdiri dari:

a. ring compressi 1.
b. Ring compressi 2.
c. Ring oli.

5. terdapatnya rantai camprat pada dalam bak mesin yang berhubungan dengan noken as (kruk as).
Artinya dari tanda tersebut di atas ialah:
a. tidak mempergunakan campuran oli pada bahan bakar baik itu langsung maupun tidak.
b. Kedua buah klepnya berguna untuk mengatur keluar dan masuknya gas dari carburator kedalam ruang compressi (jadi cara pemasangannya harus baik dan benar).
c. Setiap dua kali putaran kruk as hanya terdapat satu kali tenaga (compressi).
d. Pada zuiger terdapat 3 ring yang antara lain sangat berguna untuk pelumasan zuigernya.
e. Juga terdapat rantai camprat yang tujuannya untuk menahan gigi versnelling atau gerakan roda yang mendadak.

Contoh kendaraan jenis ini antara lain : HONDA, BSA, NORTON, dan masih banyak lagi.


BacaSelengkapnya...